Latest News


More

Cara Agar Otak Berdaya Ingat Tajam

Posted by : Rakatalenta on : Kamis, 28 Januari 2016 0 comments
Rakatalenta
Terdapat pada: ,
Cara Agar Otak Berdaya Ingat Tajam - Seiring dengan bertambahnya usia seseorang, ada bahkan semua bagian anggota dari tubuh kita akan berkurang kemampuannya, termasuk daya ingatan. Berikut ini 5 cara yang bisa digunakan untuk mempertajam ingatan Anda kembali.

Cara Agar Otak Berdaya Ingat Tajam

Cari aroma yang kuat

Temukan aroma baru. Ketika Anda terbangun di pagi hari, cobalah untuk menghirup sesuatu dengan aroma yang kuat, seperti bubuk kopi atau tumbuhan rosemary. Para ilmuwan menyimpulkan bahwa aroma terbukti mempengaruhi kemampuan kognitif seseorang. Semakin kuat kemampuan membaui Anda, semakin tajam ingatan Anda.

Makanan Sehat

Para ilmuwan merekomendasikan untuk memakan makanan yang kaya antioksidan (buah beri, apel, pisang, sayuran berwarna hijau gelap, bawang putih dab wortel). Makanan semacam ini akan menetralkan elektron-elektron atau radikal bebas yang dapat melemahkan daya ingat. Otak juga akan mendapatkan manfaat dari asam lemak seperti omega-3, yang ditemukan pada ikan dan kacang-kacangan.

Asah otak

Ajaklah otak Anda untuk terus berpikir. Permainan seperti Sudoku dan teka-teki silang bisa menantang kekuatan daya ingat dan menguji ingatan Anda. Anda juga bisa bermain permainan lainnya seperti catur, scrabble, atau mempelajari bahasa baru untuk menantang otak Anda.

Hindari hal yang sifatnya monoton. Atau mungkin Anda bisa mencari rute baru untuk menuju ke kantor, atau menggosok gigi menggunakan tangan yang tidak biasanya. Pendek kata, lakukan hal yang tidak Anda duga sebelumnya.

Tidur yang cukup

Kekuatan otak akan terisi kembali melalui tidur malam yang cukup. Proses ini dipercaya dapat mengonsolidasikan ingatan. Menurut para ilmuwan, melewatkan tidur semalam saja dapat menyebabkan ingatan baru Anda menjadi tidak jelas.

Kemarin, hari ini, dan esok hari

Cobalah untuk memberikan kuis untuk Anda sendiri mengenai tanggal-tanggal dan peristiwa penting dalam hidup. Ulangilah hal yang ingin terus Anda ingat. Otak mendapatkan manfaat dari latihan ini. Ini akan membantu memperlambat penuaan. Namun jangan melakukan hal terlalu banyak secara bersamaan. (Rakabrita.com)

Tidak ada komentar:

Leave a Reply

Tidak ada moderasi untuk komentar Anda.
Beri komentar yg baik, sopan sesuai kaidah EYD.
Komentar spam, sara, porno akan dihapus.
Perklik iklan dari jari Anda adalah amal baik.