Latest News


More

Trend di China, foto bugil buat jaminan utang ke rentenir

Posted by : Rakatalenta on : Rabu, 22 Juni 2016 0 comments
Rakatalenta
Terdapat pada: , , ,
Trend di China, foto bugil buat jaminan utang ke rentenir - Dengan semakin berkembangnya teknologi dan aplikasi sosial media, banyak kegiatan manusia yang berubah. Namun perubahan yang dilakukan oleh rentenir asal China ini tidak boleh ditiru.


Beijing Youth Daily melaporkan bila saat ini banyak rentenir China yang mengembangkan sistem jaminan aneh, yakni foto bugil nasabah. Penggunaan foto bugil sebagai jaminan utang bahkan diklaim marak dilakukan, oleh nasabah wanita sekalipun!

Setiap nasabah yang rela memberikan foto bugil mereka sebagai jaminan bahkan bisa meminjam uang lebih banyak, hingga lima kali lipat ketimbang normal. Ironisnya, banyak peminjam ternyata perempuan yang masih bersekolah. Saat foto bugil itu dikirim, oleh si rentenir langsung dikirim ke beberapa orang lain tanpa sepengetahuan peminjam.

Kemudian rentenir tadi bisa mengancam akan menyebarluaskan foto bugil si peminjam di internet dan beberapa sosial media khusus peminjam uang di China. Hal ini dilakukan bila pinjaman dan bunganya yang rata-rata sampai 30 persen tidak segera dibayarkan. Akibatnya, banyak perempuan yang kembali meminjam uang untuk membayar hutang awal, begitu seterusnya seolah-olah tanpa akhir.

Jejaring sosial peminjaman uang China, Jiedaibao, juga mengendus perkembangan penggunaan foto bugil sebagai jaminan di platfomr mereka. "Pinjaman 'bugil' ini sejatinya mengambil keuntungan dari internet untuk melakukan bisnis offline ilegal," ujar Jiedaib./Merdeka

Tidak ada komentar:

Leave a Reply

Tidak ada moderasi untuk komentar Anda.
Beri komentar yg baik, sopan sesuai kaidah EYD.
Komentar spam, sara, porno akan dihapus.
Perklik iklan dari jari Anda adalah amal baik.